Feb 4, 2013

Kecepatan Ideal Agar Aman Berkendara

Berkendara di jalanan umum memang tidak bisa kendaraan dan anda juga harus melihat medan perjalanan yang kita lalui dari situ anda bisa mengontrol kecepatan kendaraan yang anda setir.

Prinsip kecepatan motor harus disesuaikan dengan jarak pandang. Batas pandang di wilayah pemukiman dan jalan daerah sangat dekat. Tiba-tiba ada obyek lain yang keluar dari mulut gang atau ada orang yang menyeberang tanpa perhitungan. Hal ini yang harus cepat diantisipasi pengguna jalan.

Pembuatan batasan kecepatan harus sesuai dengan kondisi lingkungan dan pengguna jalan yang berisiko. Jalan itu kan ada hierarkinya, ada jalan arteri, lokal dan jalan akses, semua penggunaannya diatur.



Pembatasan tersebut agar aliran kendaraan dapat berjalan lancar, efisien, dan tidak terjadi kepadatan. Semuanya itu alasan ditentukannya batas kecepatan minimal. Sedangkan untuk maksimal, pertimbangannya adalah faktor safety dan kondisi jalan

Fakta di lapangan menunjukkan, kondisi ideal seperti infrastruktur jalan yang baik nyaris tidak mungkin. Apalagi saat jam sibuk. Adalah hak pengendara untuk mengendarai kendaraan sesuai keinginan. Tapi jalan adalah milik umum, dan sudah selayaknya kita berbagi porsi dengan pengguna jalan lain. Jangan lupa, motor terlalu pelan juga menyimpan potensi bahaya laten, yaitu tertabrak dari belakang, Soal prilaku salah satunya adalah dengan menanamkan kesadaran mematuhi batas kecepatan ideal.

Di jalan dengan beberapa jalur, mengetahui kita tidak dalam kecepatan ideal dengan melihat beberapa hal. Apakah di belakang kita terjadi penumpukan motor atau kendaraan lainnya. Bisa jadi kita pelan dan berada di sisi tengah. Sehingga untuk memotongnya sulit.

Kemudian melihat reaksi dari pengendara lain juga mengindikasikan kalau kendaraan yang kita bawa itu sudah dalam kondisi yang baik. Apakah ada klakson dari belakang, Bisa jadi kode itu untuk memberitahu kita ada hal-hal yang tidak pas yang mengganggu pengendara lain. Jadi, dalam berkendara memang perlu sedikit berempati sekaligus peka terhadap kecepatan yang telah dikembangkan. Tujuannya sama-sama ingin selamat. Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam berkendara

Riyan Hermawan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

2 komentar:

 

Copyright @ 2013 Story Of My Life.