Tuesday, December 23, 2014

Tentang Fakultas Teknik

# Apakah Fakultas Teknik merupakan Fakultas terbaik ?
## Belum tentu. Tidak penting membahas mana yang terbaik. Karena negeri ini membutuhkan banyak pilar seperti hakim, ustadz, ekonom, scientist, dokter, perawat, guru, pengusaha dan masih banyak yfang lain termasuk Insinyur.

# Apa perbedaan Insinyur dengan Sarjana Teknik ?
## Insinyur adalah gelar sarjana bagi lulusan Teknik di Indonesia sebelum dan sampai dengan tahun 1992. Setelahnya berganti menjadi S.T (Sarjana Teknik). Sebelum 1992 (gelar Insinyur, jumlah beban SKS minimal untuk mendapat gelar sarjana adalah 200 SKS). Setelah nya 1992 (gelar ST) berkurang menjadi 180 SKS dan akhirnya dipangkas menjadi 144 SKS sampai dengan saat ini. **peralihan Insinyur ke S.T hampir sama dengan gelar Drs. Ke S.Pd

# Dari 6 presiden Republik kita, siapa saja yang merupakan lulusan Teknik ?
## Bapak Soekarno dan Bapak Habibie

# Selebihnya ?
## Bapak Soeharto dan Bapak SBY adalah orang militer (Army), Bu Mega  sempat merasakan kuliah tapi tdk sampai tamat karena adanya diskriminasi dan larangan bagi seluruh keturunan Soekarno untuk mendapatkan pendidikan serta kehidupan yang layak di rezim Orde Baru (Bpk Soeharto). Sedangkan Bpk Abdurrahman Wahid (Gusdur), – anda tahu sendiri


# Bagaimana prospek lulusan Teknik di Indonesia ?
## Sangat cerah, hampir seluruh direktur utama, manager, kadiv, kabag, supervisor, dan para engineer di perusahaan manufaktur(motor, mobil, kapal, kereta, pesawat) , perusahaan inspeksi, perusahaan tambang, perusahaan minyak, perusahaan gas, perusahaan instalasi, perusahaan listrik, perusahaan pupuk, perusahaan semen, perusahaan steel, serta hampir seluruh bidang- dipegang oleh para lulusan teknik.

# Kalo di perusahaan emang dah pasti sih, tapi denger denger juga, banyak menteri yang juga lulusan Teknik. Kok bisa ??
## Yup.. dari dulu sampek sekarang memang banyak posisi strategis pengambil kebijakan negeri ini yang diisi oleh orang teknik. Dan di era Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini (SBY 2009-2014) ada kurang lebih 11 menteri dari total 37 menteri yang ada (29.7 %). Seperi Hatta, Jero Wacik, Tifatul Sembiring, Muh Nuh, Purnomo Yusgiantoro, Kuntoro M, Fadel Muhammad,  Helmy Faisal, Suharna Supranata dll
Kok bisa ? BISA. Karena kita berkarakter dan tangguh. Kita selalu bangga menjadi seorang engineer sejak hari pertama masuk kuliah/ menjadi mahasiswa Teknik. Berkarakter dan Tangguh. Di field/ lapangan/ site dengan pressure yang besar saja kita selalu solutif, apalagi di kantor dengan meja, kursi, computer dan beberapa buku yang terlihat santai dan membosankan… Sangat bisa kita.

# Saat ini, mana saja perguruan tinggi negeri Teknik di Indonesia ?
## Ada 5. ITERA (Institut Teknologi Sumatera- pemekaran dari ITB), ITB (Institut Teknologi Bandung- paling tua), ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember), ITK ( Institut Teknologi Kalimantan- pemekaran dari ITS) dan ITG ( Institut Teknologi Goa- Sulawesi Selatan). Untuk IPB (Institut Pertanian Bogor) lebih cenderung ke pangan(gizi), pertanian, perkebunan dan peternakan. Ada pula jurusan teknik di IPB, tapi juga mengarah ke hal2 diatas

# Apakah hanya di  tempat tersebut kita bisa kuliah Teknik ?
## Tidak, saat ini hampir seluruh universitas ternama di Indonesia memiliki F.T (Fakultas Teknik) dimana semua jurusan yang berbau Teknik dijadikan satu fakultas walaupun sebenarnya berbeda ranah. Contoh: Universitas Syah Kuala-  Aceh, USU(Universita Sumatera Utara), Unand (Universitas Andalas-  Padang), UI, UGM, Undip (Universitas Diponegoro) , UNS (Universitas Sebelas Maret- Surakarta),Univ Udayana, Unibraw( Universita Brawijaya- Malang),  dll. bahkan perguruan tinggi keguruan pun saat ini ada beberapa yang memiliki fakultas Teknik seperti UNM( Universitas Negeri Malang), UPI (Universitas Pendidikan Indonesia- Bandung) dsb.

# Apa ada universitas ternama yang tidak memiliki jurusan teknik ?
## Ada. Yaitu Unpadj (Universitas Padjadjaran) dan Unair (Universitas Airlangga). Hal ini dikarenakan sudah ada Institut Teknik terhandal yang bersebelahan (satu kota) dengan kedua Universitas tersebut. Unpadj dengan ITB adalah saudara dekat di kota Bandung, sedangkan Unair dengan ITS pun juga demikian di kota Surabaya. Untuk Unpadj sebenarnya memiliki jurusan Teknik Geologi. Hanya satu jurusan tersebut.
# Unhas ?
## Unhas (Universitas Hasanuddin- Makassar) dulunya memiliki fakultas Teknik yang sangat hebat. Teknik Terhebat dari Timur. Namun karena sering adanya konflik antara fakultas teknik dan fakultas non- teknik di Unhas maka mulai 2012 dipisahkanlah fakultas Teknik di Unhas untuk mendirikan Insitut baru bernama ITG di Goa. Hal ini juga sebagai pencegahan ospek-kaderisasi yang sangat keras dari senior kepada junior di FT Unhas yang telah berlangsung selama puluhan tahun. aku sendiri pernah menerima curhatan dari teman Teknik Mesin Unhas secara langsung- saat aku ke Unhas- bagaimana pahitnya kaderisasi yang ia jalani sebagai mahasiswa baru dan perlakuan kasar dari seniornya. Dan keren nya lagi, Teknik Mesin Unhas berlambangkan Tengkorak. akumelihat dengan mata kepala sendiri.Keren !!

# Apa maksud dari pernyataan jawaban bahwa di Universitas, semua jurusan yang berbau Teknik dijadikan satu fakultas walaupun berbeda ranah ?
## Karena Universitas (Universal) lebih bersifat umum dan memiliki banyak bidang  seperti Kesehatan(Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dll)  , Ekonomi (Akuntansi, Manajemen, Bisnis dll) serta Sosial (Psikologi,  Budaya, Sastra, Hukum, Hub Internasional, Kriminologi dll), maka Teknik pun juga dijadikan satu cluster. Contoh : di kampus UI Depok,  Teknik Sipil dan Teknik Metalurgi dibawah satu bendera Fakultas: Fakultas Teknik (FT).Padahal kedua jurusan teknik ini tidak dalam satu ranah ilmu yang ditekankan untuk dipelajari.  Ini berbeda dengan di Insitut yang memang lebih concern ke Teknologi dan tentunya lebih spesifik dalam pembagian ranah ilmu yang dipelajari kedalam fakultas. Maka di ITB untuk Teknik Sipil masuk FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) sedangkan Teknik Metalurgi masuk FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) . Sementara di ITS untuk Teknik Sipil masuk  FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan) dan Teknik Metalurgi masuk FTI (Fakultas Teknologi Industri)

# Lebih enak mana kuliah Teknik di Institut atau Universitas?
## Aku sendiri tidak pernah merasakan kuliah Teknik di Universitas sehingga tidak tahu rasanya. Tapi aku memilki banyak teman2 Teknik dari berbagai Universitas seperti UI, UGM, Undip, UNS, Univ Udayana, Unibraw, USU, Unand. Dan mereka semua asyiik. Dan setiap berkunjung ke Universitas universitas tersebut, aku selalu mengunjungI Fakultas Teknik nya.

# Apa keuntungan kuliah Teknik di Universitas?
## Karena Universitas tidak hanya ada jurusan Teknik, maka kita lebih bisa mengenal cewek cewek cantik dari fakultas lain seperti Farmasi, Kedokteran, Ekonomi. Kalo sumpek, ada objek yang bisa dijadikan untuk cuci mata. Heheheu… #opini

# Apa keuntungan kuliah Teknik di Institut ?
## Feel yang dirasakan. Karena kita berada di satu institusi dan semuanya adalah engineer. Kita berorganisasi/ berinteraksi dengan sesama engineer. Bisa dengan mudah untuk saling memahami. #opini

# Apa benar kuliah di Teknik, ospeknya lama dan keras ?
## Bisa ya bisa tidak. Kalau dulu ya. Untuk Teknik di Universita aku tidak terlalu mengerti. Untuk di ITS semua jurusan Teknik saat ini mengader mahasiswa barunya lebih ke mental- emotions. Sudah jarang dalam bentuk kontak fisik- walaupun masih ada beberapa jurusan. Dan ada pula yang mengader berbasis Laboratorium.
Kalau lama atau tidak, sebenarnya waktu tidak pernah dijadikan parameter. Yang dijadikan parameter adalah perkembangan kepribadian mahasiswa baru seperti attitude, kekompakan angkatan, kedekatan dengan senior dll. Tapi sejauh ini rata- rata ospek/ pengkaderan di ITS berjalan selama 6-11 bulan. Terkadang ada yang melebihi 12 bulan/ sampai di semester ke-3.

# Di ITS, mana jurusan yang paling keras ospeknya?
## Aku pernah menjadi mahasiswa baru, memiliki teman di semua jurusan se ITS, aku juga memilki banyak kakak kelas ataupun adik kelas dari berbagai jurusan di ITS dan sangat sering (bosan dan hafal) mendengar cerita selama dikader saat masih mahasiswa baru. Teknik Mesin. Hal ini terbukti bahwa selama ini Teknik Mesin sangatlah solid/ kompak baik dalam satu angkatan, lintas angkatan dan ikatan dengan alumninya (kompak dan rapi). Mahasiswa baru Mesin sangat disegani oleh mahasiswa- mahasiswa baru dari jurusan lain. Saat prosesi wisuda, sejauh ini hanya Teknik Elektro yang berani konsisten meladeni tantangan Teknik Mesin.Aku kira- kira memiliki tiga puluhan teman dari Teknik Mesin . Dan mereka semua sangaar ! Cerdas tapi Macho. #ndak banci, ndak melambai, atau ndak over melankolis.
*definisi keras sebenarnya cenderung subjektif

# Di ITB, mana jurusan yang paling keras ospeknya ?
## Dari penuturan teman- temanku yang kuliah di ITB jurusan Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Teknik Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Fisika, mereka rata- rata menjawab : Teknik Pertambangan.

# Apa kesamaan Teknik Mesin ITS dan Teknik Pertambangan ITB ?
## Sama sama memilki jaket himpunan berwarna : MERAH

# Terakhir, apa ciri mahasiswa Teknik yang baik ?
## Lebih suka hidup di LAB. Praktek di Lab, ngerjain tugas di Lab, Makan di Lab, nge- game di Lab, tidur di Lab, nge-net di Lab dll

Sumber : Mas Andhi Faid

2 comments:

  1. Teknik di kampus saya masih paling keren karena semua jurusan di TEKNIK itu BERSATU entah itu Sipil,elektro dan arsitek . Dan kultur yang di gunakan tetap satu , pengkaderan tetap satu semua jurusan di kader bersamaan, bergaul ngak milih milih persamaan jurusan, tapi bergaul tetap bersama fakuktas yang sama . Dan banyak lagi. One action one commando

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih mas Wawan atas komentarnya. Salam kenal

      Delete