Sunday, December 21, 2014

Verifikasi Berkas SNMPTN & STAN 2014


Nah kali ini aku akan membagikan pengalamanku ketika Verifikasi berkas SNMPTN 2014 di UNDIP Semarang. Tanggal verifikasinya itu kalau nggak salah tanggal 17 dan 20 Juni. Sementara untuk tanggal 18 nya, aku ada Verifikasi berkas STAN di Yogyakarta. Untuk di Semarangnya aku nginep di kosannya Mas Lintang, Tapi aku waktu itu bingung, ketika di Jogja nanti nginep di tempat siapa. Wah, daripada memikirkan nginep ditempat siapa, mending memikirkan berkas-berkas apa aja yang harus dibawa untuk verifikasi. Tanggal 16 Juni aku berangkat dianter bapakku ke terminal Maospati. Aku berangkat bersama temanku Mega. Dia adalah temanku SMA yang ditrima di UNDIP juga, namun jurusannya Kesehatan Masyarakat. Waktu di terminal Maospati aku bertemu juga dengan Ananta, Greg, Hendy, dan Ajik. Kami berangkat bersama-sama, tapi beda tujuan. Aku dan Mega menuju Semarang, Sementara Ananta,  Ajik, dan Hendy menuju kota Yogyakarta dan Greg menuju kota Solo. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya kami naik bus. Tapi waktu di dalam bus itu aku tidak kebagihan tempat duduk.Terpaksa aku berdiri mulai dari maospati hingga kota Solo. Karena waktu itu penumpangnya penuh banget. Mungin karena Keesokan harinya ada tes SBMPTN & Verifikasi SNMPTN kalik ya. Lelah banget rasanya berdiri di dalam bus hampir 3 jam. Tapi nggak apalah itung-itung buat pengalaman. Hehehehe !! Nak setelah 3 jam an akhirnya kami tiba di terminal Tirtonadi Solo. Kami berpisah menuju kota masing-masing. Aku dan Mega berganti bus dengan jurusan Solo-Semarang.


Akhirnya setelah perjalanan panjang. Sekitar jam 3 lebih kami tiba di Sukun (tempat pemberhentian bus di daerah Tembalang). Akhirnya aku dan Mega Naik Angkot. Pertama kami naik angkot menuju Patung Kuda Undip. Lalu setelah itu kami naik angkaot lagi menuju Kosannya Mas Lintang. Kami berpisah di Jl. Sumur Boto. Karena Kosannya Mega ada di daerah situ. Sementara itu aku nginep di Kosannya Mas Lintang (Kakak kelas SMA). Keesokan Harinya, Tanggal 17 Juni, bertepatan dengan Tes SBMPTN, Aku melakukan Verifikas raport di Gedung Prof. Soedarto UNDIP. Aku berangkat jam 07.00 dianter mas Dimas. Disana aku ketemu teman baru, tentunya dari jurusan Teknik Mesin. Mereka adalah Edo, Nanda, Taufik, Andika, dll aku lupa namanya waktu itu. Hahaha. Verifikasi dimulai jam 7. Tapi aku malah pulangnya jam 5 sore. Karena waktu itu antri banget untuk nyocokin kesesuaian nilai raportnya dengan nilai di PDSS SNMPTN. Setelah selesai aku mampir sebentar ke kosannya mas Dimas (kakak kelas). Disana aku Cuma numpang Mandi dan sholat magrib. Setelah itu selesai aku danterin ke Banyumaik untuk pergi ke Jogja. Karena keesokan harinya aku ada verifikasi STAN. Ketika di dalam bus aku bingung mau ke Jogja langsung atau ke Solo dulu. Akhirnya aku memutuskan untuk menuju ke solo dulu karena disana nanti aku bisa nginep di terminal Tirtonadi. Sedangkan kalau ke jogja langsung aku tidak mempunya tujuan. Jam 9 malam akhirnya aku tiba di Terminal Tirtonadi. Aku langsung menuju Masid di terminal itu. Sebelumnya aku membeli tolak angin dulu untuk ku minum, karena pada waktu itu badanku merasa agak tidak enak & berjaga-jaga agar tidak masuk angin.

Keesokan harinya tepat jam 5 pagi, setelah sholat subuh. Aku berangkat menuju Jogjakarta dengan bus. Dan jam 7 tepat aku tiba di tempat verifikasi STAN. Langsung saja aku mengambil nomor urut verifikasi. Karena aku datang diawal, jadi aku tidak lama-lama disitu. Aku langsung mendapat giliran untuk melakukan verifikasi berkas STAN. Jam 8.30 Aku selesai Verifikasi berkas STAN. Aku sempat bingung untuk pulangnya. Karena tidak ada satu pun bus yang berhenti. Akhirnya aku sempat diam disitu & bertanya kepada teman-temanku yang terlebih dahulu melakukan verifikasi STAN di Jogjakarta. Akhirya temanku Arif menyarankanku untuk naik ke Halte Bus TRANS JOGJA ke Terminal Giwangan Jojakarta. Jam 10.00 aku sampai di terminal Giwangan. Aku langsung membeli air minum & beristirahat sebentar.Setelah itu langsung melanjutkan perjalanan menuju Semarang. Sekitar jam 2 lebih aku tiba di Semarang dan langsung melanjutkan perjalanan menuju tempat kosnya Mas Lintang. Beruntung sekali aku punya kakak kelas Mas Lintang, Karena disana aku mendapat tempat untuk menginap selama verifikasi SNMPTN di Undip.Oh iya, kalau yang belum tahu. Undip & Polines ittu berdekatan lho. Polines terletak di samping kanannya Undip. Hanya saja luas Polines tak seluas Undip. Lebih luas Undip daripada Polines. Tanggal 20 nya aku langsung berangkat pagi-pagi jam 06.00 dianter mas Lintang tanpa makan pagi dulu menuju Gedung Prof. Soedharto untuk melakukan verifikasi yang ke dua. Sebenarnya aku mendapat tempat lebih awal sih, tapi karena aku salah memahami intruksi. Jadinya aku pulang akhir.

Jadi ketika itu yang SNMPTN melalui jalur bidikmisi harus melakukan verifikasi ke tempat verifikasi berkas bidikmisi dulu, setelah itu ketempat verifikasi ke tempat verifikasi berkas Utama SNMPTN. Lha aku langsung saja melakukan verifikasi ke tempat verifikasi berkas Utama SNMPTN. Jadi sama panitianya aku disuruh menuju ke tempat verifikasi bidikmisi, soalnya aku pendaftar bidikmisi. Hadewh, jadi malu aku pas itu, Heehehe. Jam 11 tepat aku selesai verifikasi berkas aku mendapatkan Buku panduan, Note, Almamater, KTM, dan baju olahraga. Setelah mendapatkan itu semua aku langsung keluar dari gedung Soedharto.  Aku langsung kaget, karena diluar banyak sekali mas-mas yang bertiriak. Mereka semua berteriak “sipil, sipil,”, “ Mesin, mesin”, “Elektro, elektro”, dan masih banyak lagi. Ternyata mereka adalah kakak-kakak senior yang menyambut adiknya yaitu Mahasiswa baru. Dan aku langsung menuju teriakan yang berbunyi Mesin, karena Mesin adalah jurusanku. Aku lagsung dibawa Ke Stand Teknik Mesin dan disuruh mengisi Biodata. Aku langsung membeli Stiker disana. Karena disana menjual Stiker. Setelah mengunjungi Stand Mesin aku langsung menuju Masjid kampus Undip untuk melakukan Sholat Jum’at. Selesai sholat Jum’at aku langsung memutuskan untuk  pulang menuju Magetan tercinta. Aku pergi ke terminal Banyumanik untuk naik Bus menuju Terminal Tirtonadi Solo. Sesampai di Solo sekitar pukul 15.00 an aku langsung mencari warteg terdekat untuk mencari makan. Karena kondisinya pada waktu itu kodisiku sangat lapar sekali, hehehe. Setelah selesai makan aku langsung Naik bus menuju Magetan. Jam 8.00 lebih atu tiba di rumah dengan kondisi yang sangat melelahkan. Aku memutuskan untuk langsung berlayar keulau kapuk, Hehehe !!!




5 comments:

  1. haloo mas riyan, mau nanya dong tentang verifikasi rapot untuk SNMPTN di undip itu ngapain aja secara detailnya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma nyocokin nilai raport , dengan Nilai yang ada di PDSS

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. makasih kak infonya, saya udah verif sama regis hehe :D

      Delete
    4. Oke, semoga nantinya betah kuliah di UNDIP !!!

      Delete