Friday, January 16, 2015

Tes STAN di Yogyakarta

Iffat, Galih, Riyan, & Inal (Ayom yang Memfoto)

STAN, Sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang sangat digilai oleh semua orang. Banyak orang berlomba-lomba agar bisa masuk STAN, Termasuk aku. Kenapa sih banyak orang yang pingin masuk STAN ? Yang pasti kuliah di STAN sudah pasti dijamin kerja, Gratis, dan menurut orang-orang, setelah lulus dari STAN pasti orang akan menjadi itu kaya. Hmmm, Dulu aku berambisi banget agar bisa masuk STAN. Aku membeli buku yang berisi soal STAN yang kubeli dari IKAMMA STAN di daerahku. Langsung sajalah aku akan bercerita ketika aku Tes STAN di Jogja.

Hari . . . . ? Hari apa ya  aku tes STAN ? aku sendiri lupa, hahakaha. Ah nggak masalah ketika itu Harinya pokoknya 1 Hari sebelum Puasa Ramadhaan. Aku berangkat dari rumah sekitar pukul 9 lebih menuju terminal Maospati. Aku naik Bus Mira Menuju Yogyakarta. Ketika di dalam Bus aku sempat bingung ketika di Jogja nanti mau turun dimana & menginap dimana. Akhirnya aku bertanya kepada Kondektur Bus Mira, dan aku disarankan turun di Janti. Janti ? Daerah mana itu ? Aku sendiri juga nggak tahu. Sekitar jam 15.00 Aku tiba di Jogja, dan aku turun di Janti. Oh iya aku hampir lupa, Tempat tesku di Kampus AMIKOM yang mana aku letaknya tidak tahu. Sesampainya di Janti tadi, sesudah turun dari bus aku langsung ditawari oleh tukang ojek mau pergi kemana. Sontak aku langsung menjawab “Ke AMIKOM Pak”,”Kira2 berapa Ongkosnya Pak kalau ke Sana ?’’. Tukang ojek tadi mentarif sekitar Dua puluh ribuan lebih. Sontak aku menolaknya. Pikirku ”Lebih baik naik Trans Jogja daripada naik Ojek”. Karena Ongkos naik TJ (Trans Jogja) lebih murah daripada naik Ojek. Naik TJ saja Cuma Rp 3.000,00 . Akhirnya aku bertanya kepada mas2 untuk menunjukkan Tempat Halte TJ terdekat. “Sekitar 100 meter kesana Mas !”, Jawab mas2 itu.


Setelah berjalan sekitar 100 m, ketemu juga Haltenya. Aku langsung naik TJ dan mengatakan tujuanku “AMIKOM mbak !”. Ketika aku didalam TJ aku duduk di dekat 2 Orang Bule. Lama aku mendengarkan percakapan mereka berdua dan ternyata aku nggak paham sama sekali apa yang mereka katakana. HAHAAHA. Kayaknya nih orang bukan dari Inggris atau Amerika deh, Kalau dari sana pasti sudah memakai bahasa Inggris yang mana aku sedikit-sedikit bisa memahaminya, CIYE Bisa bahasa Inggris. Walaupun Sedikit, Hahaha. Setelah beberapa lama akhirnya aku tiba Di Halte dekat kampus Amikom. Aku langsung masuk ke Dalam kampus Amikom untuk mencari Gedung dimana aku tes besok. Setelah itu aku langsung mencari Mushola Untuk Sholat Ashar. Di dalam Mushola Aku bertemu dengan kakak kelasku yang kuliah di AMikom. Sebenare aku pingin nginep di kosannya dia, karena aku tidak tahu kan tidur dimana, Tapi aku nggak enak bilang ke dia. Aku juga ingin nginep di masjid Kampus Amikom tapi tidak diperbolehkan oleh pihak kampus. Hadewh, ketika itu aku bingung sekali mau nginep kemana .

Akhirnya Aku mengontak temanku Iffat yang mana dia juga Tes STAN di Jogja dan sedang dalam perjalanan menuju Jogja dengan Galih, Ayom , dan Inal. Kutanya dia mau nginap dimana. Dan ternyata dia juga bingung mau nginap dimana. Akhirnya aku meminta untuk Join dengan mereka dan ku tunggu mereka di Janti. Akhirnya aku naik TJ lagi menuju Janti. Setelah menunggu akhirnya mereka tiba juga. Ternyatan Ayom memisahkan diri dengan kami, Ayom menginap di tempat Saudaranya. Sementara Aku, Iffat, Galih dan Inal masih bingung Mau nGinap dimana. Karena Tempat Tesnya Iffat dan Galih sama yaitu di YKPN akhirnya kami memutuskan untuk pergi kesana jalan kaki. Oh iya Inal tidak ikut Tes STAN, dia hanya menemani kami Tes saja sekalian jalan2 di Jogja. 1 Km lebih kami berjalan dan rasanya itu melelahkan. Setelah sampai di Dekat Kampus YKPN kami menghubungi teman kami Vicky yang mana dia tahu tempat yang menyewakan penginapan.

Setelah mencari-cari akhirnya ketemu juga tempatnya. Kami menginap di tempat yang sama dengan Vicky dan Teman2nya, Oh iya Vicki dan Teman2nya juga Tes STAN di Jogja & mendapat tempat tes yang sama denga galih dan Iffat yaitu di YKPN.  Kami langsung Istirahat sebentar dan langsung sholat dulu setelah itu mencari makan. Setelah makan kami langsung Tidur. Kami ber 4 tidur didalam 1 kamar. Wah yang pasti Sempit, Hahaha.  Dimalam itu kondisinya yaitu malam Bulan Ramadhan, dan besoknya Puasa. Wah Bakalan greget banget nih Tes di bulan Ramadhan, hahaha.

Klonteng, Klonteng, Suara Alarm dari HPnya Iffat berbunyi menandakan waktunya Sahur. Dan kami langsung keluar untuk mencari makan Sahur. Setelah itu langsung Sholat Subuh dan dilanjutkan Mandi. Karena tempat tesku berbeda dengan Iffat dan jauh dari YKPN aku berangkat pagi2 jam 6 menuju Halte terdekat dianter Iffat. Aku naik TJ dari YKPN menuju Amikom. Setelah sampai aku langsung masuk kedalam gedung dan mencari tempat tes. Setelah ketemu aku langsung menyiapkan pensil, penghapus & papan setelah itu langsung Duduk Manis menunggu Soal ujian Dibagikan, hahaha. Jreng Jam 8 lewat, Ujian Dimuai. Aku langsung mengerjakan dari soal yang paling mudah dulu. Aku juga sempat kesusahan dalam mengerjakan soal karena kurang dalam hal latihan. Wah pasrah ajalah  yang penting Sudah berusaha. Hahaha.

Setelah Ujian aku langsung menuju ke tempat penginapanku tadi naik TJ. Ketika didalam TJ aku bertemu dengan Temanku Arsyad, Ternyata dia Juga Tes STAN di Jogja. Kira2 aku tiba di sana sekitar pukul 1 lebih aku sampai di tempat penginapanku dan disana rupanya sudah ada ayom. Ternyata ayom baliknya pingin bareng dengan kami. Aku langsung sholat Dhuhur terlebih dahulu & Setelah itu kami langsung iuran untuk membayar tempat Penginapan. Dan setelah itu dilanjutkan main2, hahaha. Rencana kami mau nonton bioskop di CINEMA 21, WUIH gaya amat nonton disana. Hahaha. Setelah sampai disana kami malah tidak jadi menonton, hahaha. Alasannya Tiketnya kemahalan . Yaitu Rp 50.000,00 Hahaha. Padalah itu sudah masuk dan kami keluar lagi. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi Ke Malioboro.

Ketika sampai Di Malioboro kami mengunjungi  Plaza. Apa itu nama Plazanya aku nggak tahu, hahaha. Makhlum nggak pernah pergi ke Malioboro. Di dalam Plaza itu kami bermain-main permainan anak kecil, hahaha. Di sana juga kami bertemu dengan Tegar, kakak Kelas kami. Setelah itu kami memutuskan untuk keluar dari Plaza itu dan mencari Masjid untuk Sholat Ashar. Muter2 Malioboro tapi nggak ketemu masjidnya. Hadewh lelah banget, apalagi kondisinya juga lagi Puasa. AKhirnya kami menemukan masjid yang mana itu masjidnya terletak di dalam kantor Polisi. Setelah Sholat Ashar kami langsung melanjutkan perjalanan lagi menuju Masjid Agung Kuningan. Kami berencana Mencari Takjil Disana, hehehe. Nyari yang Gratisan. Akhirnya waktu buka Pun tiba dan kami langsung Menyatap Takjil yang diberikan. Setelah itu kami langsung melanjutkan sholat Magrib. Disana Juga kami bertemu dengan Rombogannya Vicki yaitu  Devi, siapa lagi ya ? Aku lupa. Hehehe. Ternyata mereka juga mencari Takjil juga untuk buka puasa.

Kami balik ke Magetan bareng. Kami menuju ke Malioboro dulu untuk Naik TJ, Karena di Sekitar Masjid Agung tidak ada Haltenya. Untuk yang ke 2 kalinya kami tidak Sholat Terawih. Wah Parah nih, tapi nggak apa2 yang penting sudah sholat isya’. Kami naik TJ menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Sesampainya di terminal Kami Langsung naik Bus Menuju Terminal Maospati Magetan. Sekitar jam 12 malam kami tiba di Terminal Maospati. Aku tidak dijemput, karena ketika berangkat ke Jogja, aku naik motor dan motornya itu kutitipkan di tempat penitipan motor di dekat Terminal Maospati. Aku pulang ke Desa  berbocengan 3 dengan Iffat dan Ayom, hahahaa. Setelah sampai Rumah aku langsung berlayar ke Pulau kapuk karena kondisiku waktu itu lelah banget.

Jreng, Pengumuman Hasil Tes STAN telah tiba. Dan Ternyata aku dinyatakan tidak lolos. Hadewh, Sedih banget rasanya nggak lolos tes STAN. Semua Teman2 ku juga begitu, mereka juga tidak lolos semua. Mungkin ini belum rejeki kami. Tapi aku sedikit lega nih, karena sebelumnya aku sudah ditrima SNMPTN di UNDIP jurusan Teknik Mesin. Hehehe

No comments:

Post a Comment