Friday, February 13, 2015

Tips Lolos SNMPTN


Hallo Semuanya ??? Gimana Kabarnya ???

Dari judul postingan di atas pasti kalian sudah tahu apa isi dari artikelku kali ini. Sebelum masuk ke inti dari isi artikelku kali ini, saya akan bercerita sedikit mengenai pengalamanku dulu waktu mendaftar SNMPTN. Dulu aku sangat berharap sekali dengan jalur ini. Karena jalur ini adalah jalur masuk PTN tanpa melalui tes. Karena dari dulu aku pingin kuliah di ITS, maka pada awalnya pilihan awalku yaitu ITS. Tapi dengan banyak pertimbangan mulai dari nilai rapor yang naik turun dan Track Record Alumni yang sedikit. Maka aku memutuskan untuk memilih UNDIP. Alhamdulillahnya aku ketrima di Teknik Mesin UNDIP lewat jalur SNMPTN itu. Ternyata pilihanku itu tepat. Tapi sampai sekarang aku belum mengerti, kenapa aku dulu milih UNDIP. Harusnya aku milih ITS, Karena ITS adalah PTN Impianku dari kelas X SMA. Tapi nggak papalah, mungkin ini yang terbaik bagiku. Allah kan tau mana yang baik dan mana yang buruk bagi Hamba-NYA. Memang benar UNDIP adalah yang terbaik bagiku, karena temanku yang mendaftar SNMPTN di ITS nggak ada yang ditrima semua. Parah kan 1 aja nggak ada. Adanya Cuma lewat jalur SBMPTN. Pasti yang nggak lolos rasanya sakit banget.
Langsung Saja ini Tips dariku agar adik-adik bisa lolos SNMPTN :

1. Menentukan Jurusan
Menentukan jurusan adalah hal yang paling penting untuk kedepannya. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passionmu. Biar nanti tidak menyesal bila di akhir. Jangan memilih jurusan yang sepi peminatnya, karena Cuma ingin kuliah di PTN. Itu salah besar. Sebagai contoh jika kamu suka jurusan Teknik Informatika, maka pilihlah jurusan itu. Jangan milih jurusan Pertanian yang notabennya peminatnya sedikit. Selain itu pelajaran yang kamu sukai juga harus include dalam jurusanmu itu. Jangan milih Teknik Pertambangan/Perminyakan karena suka jurusannya doang & Gajinya besar, Tapi tidak menyukai pelajaran Matematika & Fisika. Kalian salah besar kalau pikiranmu begitu. Jadi Intinya kalian harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion kalian biar kedepannya kalian nanti tidak sulit untuk mempelajari jurusan kalian itu ketika ditrima nanti.

2. Tentukan PTN Tujuanmu
Setiap orang pasti memiliki PTN tujuan. Sama sepertiku dulu. Milih PTN itu jangan asal milih. Kalian harus lihat dulu Track Record Alumni kalian diterima dimana aja. Misyalnya Alumni SMA ku dulu kebanyakan di UB & UNS. Nah itu bisa dijadikan Pilihan buat kamu. Jangan asal Milih ITS jika kamu nggak ada alumninya. Karena PTN itu juga mempunya kuota untuk masing2 Sekolah. Sebagai contoh lagi, 2 Tahun berturut-turut di SMAku nggak ada yang lolos SNMPTN di ITS. Wah parah banget kan, hahaha. Mungkin ITS nggak punya kuota buat SMAku kali lewat jalur SNMPTN ini. Hahaha. Hahaha. Selain itu pilihlah PTN yang menurutmu benar2 yakin jika kamu bakal diterima.

3. Menempatkan Pilihan Jurusan di PTN
Untuk Jurusan sendiri sih kamu harus menempatkan Jurusan yang kamu pilih tadi di Pilihan Pertama di PTN pilihan ke 1. Setelah itu tempatkan lagi jurusan alternative di Pilihan kedua di PTN 1. Dan Tempatkan lagi Jurusan pilihanmu di pilihan ke 2 PTN ke 2.
Misyalnya aku memilih :
1. Teknik Mesin UNDIP,
2. Ilmu Hukum UNDIP,
3. Teknik Mesin UNEJ.
Sekedar info, rata2 SNMPTN kebanyakan itu ditrimanya di Pilihan Pertama, Jadi jarang banget yangditrima di pilihan ke 2 ataupun malah di pilihan ke 3. Kalau saya perkirakan untuk persentase ditrima di Pilihan ke Dua itu sendiri sangat kecil. Jadi menurutku Optimalkan saja Pilihanmu di Pilihan Pertama.
Biasanya itu setiap PTN mempunyai Gengsi sendiri2 seperti UB yang nggak mau di nomor 2 kan. Maksudnya itu UB nggak mau ditaruh di PTN Pilihan ke 2. Itu menurutku sangat Wajar. Karena UB juga merupakan PTN yang Bagus di Indonesia. Menurutku Untuk PTN yang berada di 10 Besar PTN terbaik di Indonesia Seperti UI, UGM, ITB, ITS, UNDIP, UB, IPB, UNS, UNPAD, dll. Jangan di taruh di PTN Pilihan ke 2. Kalian bakal jelas2 nggak lolos kalau kamu taruh di pilihan ke 2 .

4. Memperbanyak Amal dan Ibadah
Tips Terakhir dariku ini sangat penting Juga. Buat kalian Adik2 semuanya. Saran saya sebaiknya kalian memperbanyak Amal & Ibadah. Entah Itu Sholat Dhuha, Puasa Senin Kamis, Beramal yang banyak, dll. Karena menurutku semua itu akan mempermudah jalan kalian untuk Lolos SNMPTN.

Wah nggak rugi kalian datang ke Blogku dan membaca Postinganku ini. Karena aku akan membagikan tips berDoa yang Sangat Ampuh Buat kalian. 
Langsung saja berikut ini Tips Ketika berdoa :
Ketika Selesai sholat/beribadah kalian pasti Berdoa, Nah ketika itu kalian jangan berdoa untuk diri kalian sendiri. Kalian harus berdoa juga buat kesuksesan Teman2 kalian. Karena jika kita diam2 mendoakan Teman kita, Para malaikat akan berdoa untuk mu juga. Wah hebat kan Didoain Para Malaikat. Bayangin, Didoain malaikat. Dapat Doa Mustajab dari Makhluk Allah yang nggak pernah mengingkari Tuhannya.
 “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)
Selain itu kamu juga harus memberikan alasan ketika berdoa mengapa Allah harus mengabulkan Doamu. Misyalnya “Ya Allah Jika Aku ditrima Di Kedokteran UGM nanti, ketika lulus nanti aku akan membuat rumah sakit sendiri agar bisa menolong orang yang lebih banyak”. Intinya Harapan yang kamu inginkan itu harus ada tujuan yang baik. Insyaallah Doa kalian akan terkabul, Amin. Untuk Tips Doa ini Sendiri sih saya dapat dari Mas Gagang, kakak kelasku.

Oke Sekian Tips yang bisa saya sampaikan. Sekian Dan Terima Kasih :D Semoga kalian Lolos SNMPTN di Jurusan dan PTN yang kalian Inginkan #amin

3 comments: