Tuesday, August 22, 2017

Kerja Praktik di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu

Assalamualaikum kawan, Salam Kompak dan salam sejahtera buat semuanya :D !!
Nah malam ini aku pingin share aja nih pengalamanku selama kerja prektik di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Kerja Praktik sendiri merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa didalam dunia kerja selain itu juga untuk mengetahui aplikasi atau penerapan ilmu yang sudah dipelajari selama berada di bangku kuliah. Nah kalau di Teknik Mesin UNDIP sendiri, Kerja Praktik ini  dimasukkan ke dalam sks yang jumlahnya 2 sks dengan syarat minimal 75 sks untuk bias mengambil Kerja Praktik. Aku termasuk mahasiswa yang beruntung karena bias mengambil Kerja Praktik di Liburan semester 5 ini. hehehe

Nah awalnya sempat bingung mau KP dimana, soalnya banyak pilihan entah itu di Indonesian Power, PJB, Semen Gresik, Petrokimia, Pertamina, dll. Nah akhirnya aku menentukan pilihan ke PT Pertamina EP Cepu. PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu merupakan salah satu anak perusahaan milik Pertamina yang bergerak dibidang Hulu Migas. Apa itu hulu migas ? Cari sendiri ya di google, hehe

Nah Pertamina EP Cepu disini bertgas untuk melakukan explorasi Migas di daerah Cepu. Cepu adalah salah satu kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Di Cepu ini menyimpan banyak sekali sumber minyak dan gas alamnya. Tak heran kalau Cepu sendiri dijuluki Kota Minyak.

Selama KP di  PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, aku ditempatin di bagian RAM (Reability, Avaibility, Maintenance) bagian Mekanik. Nah Fungsi RAM sendiri disini ya bertugas buat melakukan Maintenance peralatan terutama peralatan mekanik seperti pompa, separator, dll. Ya bias dibilang RAM itu begkelnya Pertamina gitu, hehehe. Nah, aku sendiri di bengkel RAM ini Cuma Semingguan karena habis itu ditempatin di CPP GUNDIH. Nah CPP sendiri singkatan dari Central Processing Plant. CPP ini digunakan untuk melakukan Explorasi dan Pengolahan Gas. CPP Gundih beroprasi selama 24 Jam Nonstop. Oiya walaupun Pertamina sebagai pemilik CPP GUNDIH ini, tetapi yang melakukan pengoperasiannya yaitu dari pihak PT Titis Sampurna. Hasil gas yang diproduksi dari CPP GUNDIH ini dijual ke PLTU Tambak Lorok Semarang, yang mana gasnya digunakan sebagai bahan Pembangkit Listrik.

Sebenarnya ilmu yang bias kita dapat selama KP di Pertamina it banyak banget, Cuma kitanya aja yang harus dituntut inisiatif untuk mencari ilmu itu sendiri dengan banyak bertanya kepada Pembimbing KP maupun operatornya. Pembibing disini juga lumayan enak2, mau berbagi ilmunya kepada kita.

Ketika di CPP GUNDIH aku kenal sama seseorang yang keren banget, Beliau bernama Pak Sutrisno, orang Gresik, Alumni ITN Malang. Beliau dikontrak oleh Pertamina untuk menjadi konsultan di CPP GUNDIH. Sebelum dikontrak oleh Pertamina beliau sudah melalang buana bekerja di berbagai perusahaan. Banyak ilmu yang beliau bagi, nggak Cuma ilmu tentang Teknis ilmu (Ilmu tentang Engineering), ilmu non Teknis (tentang Filosofi hidup) pun beliau juga bagi. Walaupun beliau sudah tua, umurnya sekitar 61 tahun, tapi beliau masih tetap semangat untuk bekerja.

Nah selama KP di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu banyak banget ilmu serta pegalaman2 yang saya peroleh. Selain itu juga dapat banyak teman baru dari Universitas lain, seperti UTM, UNEJ, UGM, UNS, dll. Nah berikut ini saya sertakan Foto dokumentasi selama KP di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Hehehe
Sekian dan Terima Kasih




Sekian Wassalamualaikum

Tuesday, May 9, 2017

Anak Jaman Sekarang

Assalamualaikum Guys.


Pagi ini lagi iseng nih, kebetulan aku lagi pingin nulis di blog ini aja, haha.  Nah aku mau bahas mengenai realitas Anak Jaman Sekarang nih. Gimana pendapat kalian tentang anak jaman sekarang ?? Aneh ? Alay ? Gak Jelas ? Hits ? Keren ? apalagi ?


Pasti jawaban kalian beda-beda kan. Pernah nggak kalian buka Path/Instagram ? Pasti pernah deh, kalian kan Anak yg nggak Gaptek, haha. Nah, pasti kalian ngelihat orang/teman kalian yg upload sesuatu yang mana yang diupload itu nggak jelas banget. Misyal share foto snapchat mereka, dengan gaya nggak jelas. Trus ada yg upload foto dengan muka kayak anjing ? pasti kalian pernah lihat hal yang kayak gitu . Nah aku mau tanya si, sebenernya fungsi mereka Upload kayak gitu itu biar apa ya ? apa agar mereka dibilang Hits ? Keren ? Cantik ? atau  malah mereka ngelakuin itu karena ikut-ikutan yang lain ? wah miris banget lah, Masak muka cantik-cantik malah dibikin kayak anjing. Kan aneh ya. Trus mereka juga upload foto nggak jelas, misyal kayak upload dengan gaya-gaya tertentu., upload foto makanan, foto kali mereka, share video gak jelas, share lokasi mereka kalau lagi nongkrong. Hahaha, mungkin biar dibilang anak Hits/Sosmed, haha. biar dikenal banyak orang. Mungkin kita perlu memberikan gelar kepada mereka sob, dengan beberapa kategori. misyal Ter Hits, Ter alay, Ter .......


Ya mungkin mereka bisa memanfaatkan media solial dengan sebaik mungkin sih, nggak nyepam atau gimana gitu. Oh iya aku kok malah nasehati mereka. Media sosia kan memamng buat tempat berekspresi kan > jadi ya sesuka mereka dong. hahah kok aku jadi yang sewot sih , aneh banget, haha. Anak jaman sekarang memang beda ya, Semenjak Negara Api mulai menyerang, eh salah maksudnya semenjak Media Sosial, Smartphone menyerang kita. wkwk. Pesenku cuma 1 sih manfaatkan Media soasial dengan sebaik mungkin, kalian boleh ngetweet/posting semau kalian asal bermanfaat, hehe. Memang postingan ini nggak jelas banget, nggak ada maknanya. Terserah aku juga ya, soalnya yang buat postingan juga aku. Hahaha


Oh iya jangan lupa Follow Instagramku Ya. @riyanherma Wkwkwk   :D


Sekian Terima KAsih :D

Wassalamualaikum

Wednesday, July 20, 2016

Hasil yang Mengecewakan

Assalamualaikum,



Alhamdulillah nih libur kuliah udah tiba, hehe. Semester 4 telah berlalu dengan hasil yang kurang memuaskan nih T_T . IP ku terjun drastis nih gan, dibanding semester kemarin. Bayangin aja dari 3,4 menjadi 2,7 T_T . Parah banget kan. Mungkin ya karena di semester 4 ini disibukkan dengan praktikum dan dari diriku sendiri juga males-malesan untuk belajar. Bayangkan gan, semester 4 kemarin dihantam 3 praktikum langsung. Dan yang membuatku menjadi kurang tidur karena harus Asistensi laporan dan habis itu tulis tangan laporan yang udah diasistensiin. Nah nulis tangannya itu membuatku harus sering bergadang nih, efeknya pas waktu kuliah jadi tidur di kelas. Tapi ya gimana lagi gan, harus dijalani dan tanpa harus mengeluh, karena itu adalah sebuah proses, wkwk.


Selain itu manajemen waktu dan fokusku juga kurang bagus. Kuliah sering terlambat, sampai Dihafal sama dosen, hehe. Intinya Semester 4 lebih buruklah daripada semester 2 kemarin. Grafik IPku jadi naik turun kayak  /\/\ . Semoga disemester 5 nanti bisa berubah nih, hehe, Semoga IP juga bisa naik tajam setajam silet, haha :v . #aamiin

Wassalamualaikum

Tuesday, July 19, 2016

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah

Assalamualaikum


Halo semua. Taqabbalallahu minna wa minkum, Minal Aidzin Wal Faidzin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah Kawan. Mohon Maaf lahir dan batin ya jika selama ini saya ada salah, hehe. Maaf ya jika telat ngucapin, tapi blm terlambat kok kan masih bulan Syawal. hehe

Wassalamualaikum

Wednesday, May 25, 2016

Jalan-jalan Ke Dieng, Wonosobo

Assalamualaikum Wr Wb.
Hay Guys , lama nggak bikin tulisan nih. Hahaha. Maklumi ya orang sibuk. Hahaha.
Semester ini memeng terasa agak berat, Selain karna ada Praktikum yang sangat menguras tenaga serta uang. Ditambah mata kuliah yang lumayan agak sulit, yang ngebuat sampai otakku nggak paham apa2, wkwk. Nah  kebetulan pas tanggal 7 Mei kemarin aku jalan2 nih ke Negeri diatas Awas. Coba tebak apa itu ? Yap salah, Negeri di Atas Awan adalah sebutan lain dari Dieng. Tahu Dieng kan ? Dieng adalah salah satu Datran Tinggi yang letaknya di Wonosobo, Jawa Tengah. Nah disana ada banyak sekali tempat wisatanya, antara lain Telaga warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Sikunir, dll.

Nah waktu itu aku ke Dieng berangkat bareng temanku Randa. Kami berangkat Jam 9 pagi dan sampai disana jam 12.30. Lumayan lama sih perjalanannya, Tapi setelah sampai disana terbayar sudah dengan pemandangan yang sangat menakjubkan nan indah. Kalau ke Dieng Bawa Jaket ya, karena hawa disini sangat dingin. Ketika disana aku mengunjungi Plateu Teater (Lupa namanya), Nah di sini itu semacam kita menonton Film yang bercerita tentang Asal Mula Dieng. Setelah itu aku melanjutkan perjalanan ke Candi Arjuna. Candi Arjuna ini bertipe Hindu (Sok tahu), Disini pengunjungnya lumayan banyak. Nah yang terakhir aku mengunjungi Kawah Sikidang. Menurutku pemandangan disini sangat bagus banget, Oh iya jangan lupa pakai masker ya ketika disini. Soalnya bau belerangnya menyengat banget. Yang paling  terakhir, hehe yaitu Telaga Warna. Disini Telaganya bewarna hijau muda. Kalau ke Telaga warna mending pas siang atau pagi, soalnya kalau pas sore gelap banget, jadi kalau untuk Foto2 Viewnya kurang bagus soalnya gelap.

Kalau ke Dieng sih mending bawa Pacar, wkwk. Soalnya disini pas banget kalau ngajak cewek, bukan kayak aku ngajak cowok. Eits jangan dikira kalau LGBT ya, wkwkw Tapi karena jomblo soalnya, wkwkwk. Nah waktu balik dari Dieng kami mampir dulu ke suatu Masjid untuk mampir sekalian Sholat Dhuhur plus Ashar. Parah nih dijamak, wkwkw. Maklum ya soalnya kan kita lagi berpergian jauh jadi ya nggak papa kalau dijamak. Nah setelah selesai sholat kami ngobrol sama bapak2 Polisi yang kebetulan juga selesai sholat, nah disana kami diberi nasehat kalau :

“Hidup itu harus punya Prinsip, Jangan ikut-ikutan. Buatlah perencanaan yang matang, dan selalu evalusi setiap Plan yang sudah kita buat”.

Kami pulangg dari dieng pukul 4 sore dan ketika perjalanan pulang itu keadaannya dingin pake banget. kami juga mampir ke Alun2 Temanggung untuk mampir buat mengganjal perut yang sudah mulai bernyanyi sepanjang perjalnan, haha. Akhirnya sekitar jam 9 Lebih baru sampai Tembalang, Semarang. Dan Setelah itu waktunya Istirahat Dimulai karena sangat melelahkan perjalannya. Terlebih sepanjang perjalanan ke Dieng dan Pulangnya, yang nyetir motor aku terus. Oh iya sebelum saya akhiri mau pamer Foto sebentar nih wkwkw.







Oke Sekian dan Terima Kasih, Danke !
Wassalamualaikum Wr. Wb.