Kerja Praktik di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu

Assalamualaikum kawan, Salam Kompak dan salam sejahtera buat semuanya :D !!
Nah malam ini aku pingin share aja nih pengalamanku selama kerja prektik di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Kerja Praktik sendiri merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa didalam dunia kerja selain itu juga untuk mengetahui aplikasi atau penerapan ilmu yang sudah dipelajari selama berada di bangku kuliah. Nah kalau di Teknik Mesin UNDIP sendiri, Kerja Praktik ini  dimasukkan ke dalam sks yang jumlahnya 2 sks dengan syarat minimal 75 sks untuk bias mengambil Kerja Praktik. Aku termasuk mahasiswa yang beruntung karena bias mengambil Kerja Praktik di Liburan semester 5 ini. hehehe

Nah awalnya sempat bingung mau KP dimana, soalnya banyak pilihan entah itu di Indonesian Power, PJB, Semen Gresik, Petrokimia, Pertamina, dll. Nah akhirnya aku menentukan pilihan ke PT Pertamina EP Cepu. PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu merupakan salah satu anak perusahaan milik Pertamina yang bergerak dibidang Hulu Migas. Apa itu hulu migas ? Cari sendiri ya di google, hehe

Nah Pertamina EP Cepu disini bertgas untuk melakukan explorasi Migas di daerah Cepu. Cepu adalah salah satu kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Di Cepu ini menyimpan banyak sekali sumber minyak dan gas alamnya. Tak heran kalau Cepu sendiri dijuluki Kota Minyak.

Selama KP di  PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, aku ditempatin di bagian RAM (Reability, Avaibility, Maintenance) bagian Mekanik. Nah Fungsi RAM sendiri disini ya bertugas buat melakukan Maintenance peralatan terutama peralatan mekanik seperti pompa, separator, dll. Ya bias dibilang RAM itu begkelnya Pertamina gitu, hehehe. Nah, aku sendiri di bengkel RAM ini Cuma Semingguan karena habis itu ditempatin di CPP GUNDIH. Nah CPP sendiri singkatan dari Central Processing Plant. CPP ini digunakan untuk melakukan Explorasi dan Pengolahan Gas. CPP Gundih beroprasi selama 24 Jam Nonstop. Oiya walaupun Pertamina sebagai pemilik CPP GUNDIH ini, tetapi yang melakukan pengoperasiannya yaitu dari pihak PT Titis Sampurna. Hasil gas yang diproduksi dari CPP GUNDIH ini dijual ke PLTU Tambak Lorok Semarang, yang mana gasnya digunakan sebagai bahan Pembangkit Listrik.

Sebenarnya ilmu yang bias kita dapat selama KP di Pertamina it banyak banget, Cuma kitanya aja yang harus dituntut inisiatif untuk mencari ilmu itu sendiri dengan banyak bertanya kepada Pembimbing KP maupun operatornya. Pembibing disini juga lumayan enak2, mau berbagi ilmunya kepada kita.

Ketika di CPP GUNDIH aku kenal sama seseorang yang keren banget, Beliau bernama Pak Sutrisno, orang Gresik, Alumni ITN Malang. Beliau dikontrak oleh Pertamina untuk menjadi konsultan di CPP GUNDIH. Sebelum dikontrak oleh Pertamina beliau sudah melalang buana bekerja di berbagai perusahaan. Banyak ilmu yang beliau bagi, nggak Cuma ilmu tentang Teknis ilmu (Ilmu tentang Engineering), ilmu non Teknis (tentang Filosofi hidup) pun beliau juga bagi. Walaupun beliau sudah tua, umurnya sekitar 61 tahun, tapi beliau masih tetap semangat untuk bekerja.

Nah selama KP di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu banyak banget ilmu serta pegalaman2 yang saya peroleh. Selain itu juga dapat banyak teman baru dari Universitas lain, seperti UTM, UNEJ, UGM, UNS, dll. Nah berikut ini saya sertakan Foto dokumentasi selama KP di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Hehehe
Sekian dan Terima Kasih




Sekian Wassalamualaikum

Comments

  1. Mas, di proposal jenengan itu ditujukannya di CPP GUNDIH apa ASSET 4 FIELD CEPU ??

    ReplyDelete
  2. Bang. Untuk proposalnya dikurimkdike alamat mana yaa? Dan sebelum mengajukan proposal, kamu langsung kirim proposalnya atau masih menghubungi pihak perusahaan tersebut? Jika iya mungkin bisa bagi kontaknya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lupa alamatnya, wkwk.kantornya yg di jalan Gajah Mada.Aku langsung nyerahin proposal ke Kantornya

      Delete
  3. Dulu masnya OJT disana berapa lama ya mas ? kalo boleh tahu

    ReplyDelete
  4. Untuk pendaftaran magang nya apa tidak ada yang lewat online?

    ReplyDelete
  5. disna ada mesin apa aja ya mas? saya mau ambil tema ttg maintenence

    ReplyDelete
  6. Mas, boleh minta file proposalnya? Kalau boleh, mohon kirim ke email saya ahmadimamkh@gmail.com. Sukses selalu Mas!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Old Town of Jakarta: A Cultural Haven in the Heart of the City

Mudik 2023