KKN Yang Sangat Indah :D


Assalamualaikum, 

Selamat pagi teman. Lama juga ya aku nggak bikin sebuah postingan, hehe. Nah, dipagi hari yang sunyi serta ditemani sebuah lagu dari The Chainsmokers - All We Know saya ingin sedikit memberikan cerita mengenai KKN kemarin. KKN sendiri merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Nah KKN di UNDIP sendiri masuk dalam kurikulum dan mendapat beban 3 sks. Jadi setiap mahasiswa S1 wajib mengikuti KKN jika pingin lulus. Tujuan KKN sendiri jika mengacu dari Buku Pedoman KKN UNDIP sangat banyak dan yang tujuan cuma kuingat yaitu untuk membantu memberdayakan masyarakat. Nah KKN UNDIP sendiri setiap desa diterjunkan 1 TIM terdiri dari beberapa mahasiswa dari jurusan dan fakultas yang berbeda. Pada KKN kemarin aku mendapat TIM yang lumayan sangat baik-baik orangnya. Diantaranya yaitu Icis dari arsitektur, Nika dari Kimia, Billy dari Geodesi, Satrio dari Fisika, Sania dari Statistika, Mirtha dari Geodesi, Bima dari Agroteknologi, dan yang terakhir Dewi dari Peternakan.


Pada KKN kemarin aku ditempatin di Desa Bumiayu, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Masyaraat di Desa Bumiayu orangnya sangat ramah sekali. Perangkat desanya juga baik-baik. Apalagi Kepala Desanya yaitu Bapak Johan, beliau sangat baik sekali, bahkan beberapa kali kami ditraktir makan olehnya, hehehe. Nah selama KKN kami menjalankan beberapa program. Nah peraturan dari UNDIP sendiri, setiap mahasiswa disuruh membuat 2 program monodisiplin, dan satu TIM membuat 2 program multidisiplin. Kebanyakan program kami lebih ke sosialisasi ke Ibu-Ibu PKK. Kalau programku sendiri yaitu sosialisasi mengenai pemanfaatan botol plastik bekas menjadi penyiram tanaman otomatis dan pemanfaatan pipa paralon menjadi biopori. Jujur aku grogi banget kemarin pas ngisi materi didepan ibu-ibu PKK, wkwk. Maklum jarang bicara didepan banyak orang. Tapi Alhamdulillah, banyak Ibu-ibu PKK yang antusias dalam mendengarkan materi yang kuberikan.


Banyak yang bilang KKN itu gabut. Tapi kalau dipikir-pikir ya nggak juga sih. Tapi kalau dibilang sibuk, ya enggak juga, hehe. Tapi menurutku ya sedang sih. Nah selama KKN kemarin banyak banget ilmu yang kami dapat, terutama ilmu dalam bermasyarakat, yang mana tidak kita peroleh di bangku perkuliahan. Nah mungkin cukup sekian, karena males ngetik, haha. Soalnya udah pagi ni, mau lanjut nonton movie dulu. Sorry jika ceritanya kurang lengkap, wkwk. Nah sebagai penutup aku kasih video mengenai profil Desa Bumiayu dan Program kerja kami selama KKN kemarin.


Sekian, Wasalamualaikum.

Comments

Popular posts from this blog

Kerja Praktik di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu

The Old Town of Jakarta: A Cultural Haven in the Heart of the City

Mudik 2023